Shalat Khusyu atau Shalat Berjamaah?

27 Dec 2010

“Saya ingin lebih merasakan shalat khusyu, makanya saya tidak shalat berjamaah. Sebab, kalau shalat berjamaah saya jadi agak sulit meraih shalat khusyu.”

Pernyataan tersebut sering kita dengar, banyak orang memilih shalat khusyu dibanding shalat berjamaah. Bagaimana menurut pandangan anda?

Pilih Shalat Khusyu atau Shalat Berjamaah di Masjid?

Idealnya, lakukan shalat khusyu di masjid (shalat berjamaah). Tapi jika harus memilih salah satunya, shalat berjamaah di masjid lebih utama. Bukankah Rasul SAW sangat membenci orang yang tidak mau hadir shalat berjamaah? Rasul juga menyetarakan orang yang tidak mampu shalat berjamaah dengan orang munafik, “Tiada yang lebih berat pelaksanaannya oleh seorang munafik, kecuali shalat Isya dan Subuh berjamaah…” (HR Bukhari, Muslim).

Lain dari itu, bukankah nabi Muhammad adalah orang yang paling khusyu? Bukankah nabi Muhammad tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah di masjid? Bagi saya yang awam, hal ini memberi petunjuk bahwa shalat khusyu akan lebih mudah dicapai bila kita shalat berjamaah.

Hal ini persis ketika ada yang memejamkan mata ketika shalat, dengan dalih agar lebih khusyu. Nah, bukankah nabi tidak memejamkan mata saat shalat? Bukankah nabi adalah yang paling bisa shalat khusyu? Ini juga -menurut saya- dapat disimpulkan bahwa shalat khusyu lebih mudah diraih dengan tidak memejamkan mata.

Karena itu, mari kita belajar shalat khusyu dengan cara yang diajarkan Rasulullah, yaitu: shalat khusyu dengan berjamaah (shalat berjamaah) dan tidak memejamkan mata. Bagaimana menurut pendapat anda?

Ayo, kita belajar shalat khusyu berjamaah di masjid…

kw: sholat khusyu, sholat berjamaah


TAGS shalat khusyu Sholat Khusyu sholat berjamaah shalat berjamaah shalat sunnah sholat sunnah shalat berjamaah di masjid sholat berjamaah di masjid cara sholat khusyu cara shalat khusyu pelatihan shalat khusyu pelatihan sholat khusyu


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post