Persiapan Shalat Menuju Shalat Khusyu

14 Jan 2011

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan persiapan tentu akan jauh lebih baik. Demikian juga tentang shalat, agar shalat lebih baik dan lebih mudah meraih shalat khusyu, perlu persiapan yang baik.

Persiapan sebelum shalat yang perlu dilakukan adalah:

1. Mengetahui ilmu tentang shalat

Man amala bighairi ilmi, amaluhu mardudatun laa tuqbalu (Al Hadits). Barangsiapa yang beramal tanpa ilmu, maka amalnya tidak diterima dan tidak memberi manfaa. Yang dimaksud ilmu, antara lain adalah ilmu (pengetahuan) tentang syarat dan rukun shalat, tata cara shalat nabi, sunnah-sunnah dalam shalat dan hal-hal yang membatalkan shalat. Oleh karena itu, bagi yang belum mengkaji tentang fiqih shalat, bersegeralah untuk mengkajinya.

Selain ilmu fiqih shalat, perlu juga diketahui tentang ilmu fadhail shalat (ilmu keutamaan shalat). Ilmu yang memberi ruh dan motivasi pelaksanaan shalat. Orang yang mengetahui tentang keutamaan shalat tentu akan berbeda semangatnya dengan orang yang tidak tahu sama sekali tentang keutamaan shalat, fungsi shalat dll.

Fenomena shalat di akhir waktu, shalat secepat kilat, tergesa-gesa, shalat terasa menjadi beban, adalah salah satu akibat tidak memiliki ilmu fadhail shalat.

2. Berwudhu dengan baik

Wudhu adalah syarat syahnya shalat. Jika wudhunya tidak syah, maka shalatnya juga tidak syah. Tentang wudhu, kita juga harus belajar tata caranya, syarat-rukunnya, yang membatalkannya, sunnah-sunnahnya dll (fiqqih wudhu). Juga kita perlu mempelajari fadhail wudhu (keistimewaan wudhu) agar wudhu yang kita lakukan sesuai dengan contoh nabi, dan memiliki ruh dan penghayatan wudhu yang baik.

3. Persiapan badan, pakaian dan tempat

Menghadap yang Maha Suci, maka badan, pakaian dan tempat juga harus suci. Maksud suci badan, selain suci dari hadats juga perlu mensucikan diri dari dosa.

Suci pakaian, selain pakaiannya suci dari najis, cara mendapatkan pakainnya juga harus dengan cara yang halal. Pakailah pakaian yang bagus saat shalat, jangan pakai sembarang baju, apalagi hanya pakai kaos oblong.

Suci tempat, selain tempatnya suci dari najis, juga perlu tempat yang penuh dengan muatan suci, yaitu masjid (shalat berjamaah).

Dengan ketiga persiapan tersebut, insya_allah shalat kita akan menjadi lebih khusyu. Mari kita senantiasa belajar dan berusaha meraih shalat khusyu. | |

Others keyword: sholat khusyu, tentang sholat, sholat berjamaah, sholat sunnah


TAGS shalat khusyu Sholat Khusyu sholat berjamaah shalat berjamaah shalat sunnah sholat sunnah tentang shalat tentang sholat tentang wudhu


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post